Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Sistem Android yang Error

Cara Memperbaiki Sistem Android yang Error - Sistem UI Android sendiri merupakan singkatan dari sistem user interface. Memiliki fungsi untuk memuat semua pengaturan mengenai tampilan. Atau yang berhubungan langsung dengan pemakainya mulai dari tema, font (tulisan), menu, icon, status bar, dan lain lain. Kerusakan pada sistem android ini dapat berakibat semua aplikasi terhenti tiba-tiba. Jika terjadi, segeralah perbaiki sistem android.

Cara Memperbaiki Sistem Android yang Error

Karena untuk aplikasi memperbaiki sistem android saat ini sudah banyak tersedia . Masalah erronya Sistem UI memang kerap melanda pengguna smartphone Android. Kerusakan ini pun bisa saja terjadi kapan saja. Namun biasanya lebih sering terjadi saat selesai mengoprek Android. Hal ini dikarenakan Aplikasi dan Sistem Android tidak saling Support. Akhirnya error dengan pesan Unfortunately, System UI Has Stopped, atau Sayangnya, Sistem UI Telah Berhenti.

Cara Memperbaiki Sistem Android yang Error

Perbaikan pada sistem android, memerlukan beberapa tahapan. Namun biasanya bisa diatasi tanpa harus repot merestore ulang. Berikut cara dan metode yang bisa coba untuk dilakukan.

Update / Memperbarui Firmware

Firmware atau ROM adalah sistem yang diberikan dari pengembang ponsel untuk Android Kamu. Biasanya pengembang ponsel rutin memberikan update terbaru untuk Kamu. Firmware digunakan untuk mengurangi bug dan menambal sistem keamanan pada ROM. 

Selain itu, terkadang firmware terbaru berisi optimasi sistem pada ponsel, sehingga smartphone Kamu bisa berjalan lebih cepat dan ringan. Maka untuk mengatasi launcher yang sering force closed, metode ini juga bisa Kamu coba.

Biasanya ketika Kamu mengupdate, sejumlah aplikasi bawaan akan terupdate, termasuk biasanya Youtube. Ini membuat Youtube Kamu jadi semakin pas dengan ponsel Kamu. Firmware bisa Kamu update sendiri di menu pengaturan.  Dapat pula Kamu lakukan melalui PC, tergantung PC Suite yang Kamu gunakan. Jika tidak, Kamu juga bisa membawa ponsel Kamu ke Service Centre yang resmi untuk diupdate oleh pihak teknisi.

Restart Smartphone Android

Cara ini termasuk cara paling sederhana, dan simpel untuk dilakukan. Dan dapat langsung dicoba begitu masalah datang. Proses merestart dan mereboot Android, memang memiliki dampak yang cukup signifikan. Karena dengan memulai kembali, selain mengurangi kelebihan proses pada RAM yang banyak digunakan. Juga merestart system ui android seperti semula.

Sehingga biasanya, selesai restart, hp Android akan kembali normal dan lebih nyaman digunakan. Karena semua aplikasi yang tadinya terhenti, sudah berjalan secara optimal. Begitu juga untuk kapasitas RAM, menutupnya aplikasi tidak penting membuatnya lebih maksimal.

Lakukan Factory Reset 

Apabila dua cara pertama belum membuahkan hasil, terpaksa kamu harus memilih menggunakan cara ketiga atau keempat. Cara ini risikonya ialah kehilangan semua data ponsel, karena akan disetting kembali ke awal. Jadi lebih baik membackup dulu data penting sebelum melanjutkan. Masuk ke menu Pengaturan » Buat Cadangan & Setel Ulang » Lanjut pilih Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik » Tap “Reset Ulang Telepon”.

Bawa Ke Service Center

Sebagai salah satu langkah terakhir, kamu dapat membawa smartphone kamu tadi ke service center terdekat. Hal ini untuk menghindari kerusakan lebih parah. Namun tentu kamu harus bersedia merogoh kocek untuk memperbaikinya.

Banyak aplikasi untuk memperbaiki sistem android di play store. Hanya saja rata-rata memerlukan akses root untuk menggunakan nya. Jadi jika kamu termasuk root user, untuk lebih cepat dapat memakai aplikasi tersebut. 

Demikian ulasan tentang cara memperbaiki sistem android yang error semoga bermanfaat.